Usikan

Hari Jumat lalu saya dan kedua teman saya Agas dan Budi mengunjungi SMA yang sama untuk ketiga kalinya dalam rangka mengerjakan tugas Perancangan Sistem Informasi. Tugas semester 6 ini memang tergolong melelahkan karena harus mewawancara ke tempat-tempat yang dibutuhkan. Saya pribadi sih suka-suka saja berinteraksi dengan banyak orang, hitung-hitung selama saya belajar di sini saya tidak pernah jauh-jauh dari Labtek V. Cuma ya itu, butuh tenaga dan biaya, hehe.

Kedatangan kami yang ketiga kali ini pun disambut orang yang berbeda. Kali ini wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Kami banyak bertanya hal-hal yang detil mengenai sekolah ini. Banyak sekali hal yang kami dapatkan, misalnya input yang berbanding lurus dengan output, sekolah yang ternyata sangat tertarik pada bidang seni dan bahasa Jerman, dan lainnya.

Namun ada beberapa perkataan sang wakasek yang cukup mengganggu hati nurani saya sebagai mahasiswa…

Kalau mahasiswa ITB sih pasti nggak mau kan ya ngajar di SMA kayak gini? Pasti pengennya kerja di perusahaan terkenal gitu *tertawa*

Walaupun dengan nada santai, saya dan kedua teman saya pun hanya terdiam dan mesem-mesem sendiri, tak tahu harus jawab apa.. Karena saya sendiri benar-benar tak ada rencana untuk menjadi guru, walaupun pekerjaan itu mulia sekali. Saya ingin keliling dunia, melihat semua yang ada.. Tak terpikirkan sama sekali untuk melihat ke dalam.

Saya juga jadi teringat guru-guru saya di SMA dulu. Jarang yang lulusan dari tempat saya kuliah sekarang. Saya cuma tahu satu, guru fisika saya. Selebihnya saya tidak tahu.

Mungkin memang semua ada jatahnya, mungkin lulusan tempat kuliah saya memang tak ada yang mau jadi guru dan menganggap pekerjaan itu tidak menantang.. Entahlah. Perkataan bapak itu terlalu mengusik.

Semoga guru yang merupakan pendidik bukan pengajar semakin banyak di sekolah di Indonesia.

-N

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: