Membahas Prediksi Tren Tahun 2012 di Tahun 2013

Setiap awal tahun, berbagai media cetak atau elektronik akan berlomba-lomba membuat prediksi tren untuk tahun tersebut sesuai dengan tema media itu sendiri. Majalah fashion seperti Vogue akan membahas tren warna dan model busana. Media gadget contohnya Mashable membahas tren gadget dan barang elektronik yang akan dikeluarkan perusahaan-perusahaan besar seperti Apple, Microsoft, Google, dan sebagainya. Majalah interior tentu akan membahas produk interior yang akan dikeluarkan di tahun tersebut.

Tak tertinggal, Business News Daily membuat prediksi apa saja yang akan menjadi tren di dunia bisnis. Di halaman ini, terdapat 30 prediksi tren ide yang akan muncul di tahun 2012. Akan sangat menarik membahasnya di tahun 2013 ini bukan?

Hal yang menarik dari situs bisnis ini adalah banyaknya prediksi yang berhubungan dengan teknologi informasi. Berhubung TI adalah latar belakang pendidikan saya, tentu hal ini menjadi sangat menarik. Teknologi informasi yang akan semakin berkembang antara lain perangkat lunak mobile, media sosial, pembelian online, dan teknologi pengenalan perintah seperti speech recognition/voice command atau yang menjadi prediksi di artikel ini yaitu gesture-recognition. Teknologi makin menunjukkan fungsinya sebagai penambah value dalam bisnis.

Teknologi membantu usaha kecil dan menengah dalam meningkatkan penjualan dengan kepopuleran online shop. Toko online sendiri menguntungkan bagi pihak penjual dan pembeli sehingga makin sering digunakan. Teknologi lainnya adalah media sosial yang berfungsi dalam mencari informasi tentang seseorang, termasuk dalam pencarian minat dan tenaga kerja. LinkedIn dan Facebook merupakan media sosial yang saat ini populer dalam pemasangan profil perusahaan.

Tren lainnya adalah pengembangan komputasi awan dan teknologi pengenalan. Komputasi awan sangat membantu dalam penyimpanan informasi perusahaan. Prediksi bahwa komputasi awan akan menjadi sangat berguna untuk dokumentasi informasi perusahaan terbukti. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya layanan komputasi awan seperti Dropbox, Google Drive, SkyDrive, dan sebagainya.

Sebagian besar prediksi ahli di situs di atas terbukti, walaupun saya masih tidak dapat menentukan mana saja yang belum terbukti karena keterbatasan ilmu. Namun, tren utama yaitu teknologi akan menjadi pendukung bisnis dalam menambah value bisnis tersebut sangat terbukti, terutama di kota-kota dan organisasi besar.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: