Melatih Kreativitas

Saat ini makna kata “kreativitas” sudah menyempit menjadi hanya berkisar mengenai seni (art). Padahal, kata yang diambil dari kata dalam bahasa Inggris creativity ini merupakan salah satu bentukan dari kata creative, yang berarti menciptakan, mewujudkan, atau membuat dan tidak memiliki arti khusus dalam bidang seni. Selain itu banyak yang berpendapat bahwa kreativitas merupakan bakat sehingga banyak orang yang tidak merasa kreatif lalu menyerah. Menurut artikel ini, kreativitas dapat dilatih bahkan sejak dini.

Sayangnya, pendidikan di Indonesia saat ini masih berfokus pada kemampuan kognitif yang populer di kalangan orang tua seperti berhitung, membaca, atau menghafal. Baru beberapa sekolah melakukan terobosan dalam bidang menerapkan pendidikan agar anak menjadi lebih kreatif di usia dini. Jika diibaratkan, pendidikan kreatif adalah mengajarkan kepada anak bahwa kita semua bisa menggambar hal lain selain pemandangan dua buah gunung yang menaungi sawah pedesaan dengan matahari terbit di tengahnya. Beberapa riset membuktikan bahwa anak yang kreatif terbukti memiliki kestabilan akademik dan emosional.

Gambar favorit seluruh anak Indonesia (advanced version :)) , klik gambar untuk sumber)

Beberapa cara dapat dilakukan untuk merangsang kreatifitas pada anak, misalnya dengan melakukan permainan menyenangkan. Permainan tersebut antara lain:

  1. Permainan kata -> melatih anak agar melihat hubungan antar kata.
  2. Permainan berpikir visual -> melatih imajinasi anak dengan cara memberikan gambar abstrak dan menyuruh mereka bercerita tentang apa yang mereka lihat.
  3. Permainan menggambar -> melatih anak agar dapat menuangkan ide, konsep, dan pengetahuan melalui gambar.

Tak hanya dengan permainan, kreativitas anak dapat dipancing dengan membebaskan tugas (tidak terlalu banyak memberikan spesifikasi), bertanya pada anak untuk mengeluarkan kreativitas mereka dalam menyelesaikan masalah, dan menyuruh berkolaborasi secara kelompok. Kreativitas tidak hanya akan bermanfaat di sekolah karena kemampuan berpikir kreatif seseorang akan sangat bermanfaat di dunia profesional.

Tips-tips di atas memang dibuat untuk melatih kreativitas anak kecil, namun tidak ada salahnya bila orang dewasa mencobanya 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: