Calon Kupu-Kupu di Jalan Bali

Sebelum saya datang ke Jalan Bali nomor 7 sesuai dengan arahan dari Mbak Dina, saya teringat sebuah artikel Kompas Minggu yang membahas rumah-rumah inspiratif dan saat itu yang dimuat adalah sebuah rumah di Jalan Bali. Rumah tersebut milik seorang peraih Piala Citra Mak Gondut yang muncul di film Demi Ucok. Saya tahu rumah yang sedang dibahas tersebut, karena saya sering melewatinya ketika masih SMA dulu di Jalan Belitung. Rumah tersebut selalu terlihat asri dan rindang.

Lalu dengan menghubung-hubungkan rumah tersebut, Mbak Dina, dan kreativitas dan inovasi, saya menebak ini ada hubungannya dengan film Demi Ucok itu. Kebetulan saya sudah tahu sebelumnya mengenai film tersebut karena saya tergabung di Liga Film Mahasiswa ITB dan sutradara film tersebut dulunya juga tergabung di unit yang sama 😀

Ternyata, prediksi saya benar! Fufufuu. Baru saja saya sampai di depan rumah itu, saya sudah melihat Mak Gondut sedang akan berjalan-jalan dengan anjingnya.

Singkat kata, akhirnya kami berkumpul di lantai atas rumah Mbak Sammaria Simanjuntak, sang sutradara Demi Ucok. Rumah tersebut memang unik, pantas saja masuk Kompas. Rumah itu juga menjadi headquarter untuk PT. Kepompong Gendut, rumah produksi milik Mbak Sammaria dan kelima temannya.

Hal yang menarik dari kunjungan ke sana adalah bahwa jumlah anggota sedikit dan markas yang berupa rumah tinggal tidak menghalangi kreativitas mereka. Saat ini sudah ada dua film layar lebar, cin(T)a dan Demi Ucok, beberapa iklan, video klip, dan serial televisi yang akan tayang.

Kepompong Gendut juga pernah menjalankan proyek iklan dari Google tentang ide-ide di masyarakat (tapi belum nemu nih link-nya, haha). Sebagai UKM yang telah menjadi PT demi meluncurkan film-film mereka di bioskop ternama, Kepompong Gendut menjaga lingkungan kerjanya agar tetap nyaman dan tenang dan menghasilkan ide-ide kreatif lainnya.

PT. Kepompong Gendut membuktikan bahwa kreativitas dapat ditemukan di mana saja.

xoxo

Leave a Reply

